Selasa, 27 Oktober 2009

Kebanggan Masyarakat Kerinci Telah Tiada


Minggu, 16 Desember 1999, merupakan Tahun yang tak telupakan bagi masyarakat Kerinci, karena pada hari tersebut diselenggarakn Festival Seni dan Budaya masyarakat Kerinci alias Festival Masyrakat Peduli Danau Kerinci ( FMPDK ) untuk yang pertama kali yang di selenggarakan di Danau Kerinci. FMPDK ini merupakan buah hasil pemikiran dari Bpk. Drs H. Fauzi Siin ( Eks Bupati Kerinci ) dkk. Festival tersebut merupakan ajang memperkenalkan adat,seni,budaya,kerajinan tangan,masakan, yang asli dari pemikiran dan tangan-tangan rakyat kerinci kepada wisatawan.
Banyak para wisatawan Lokal dan Asing menyaksikan acara akbar tersebut, semua masayarakat kerinci berkumpul di pinggiranDananu Kerinci Nan Elok. FMPDK diselenggarakan setiap tahunnya hingga 2008. Tapi, kebanggan tersebut telah hilang.
Setelah Bpk. Fauzi berhenti menjadi Bupati, FMPDK tidak lagi di selenggarakan, entah apa yang menjadi alasan tersebut. Semua masyarakat Kab. Kerinci sangat merasa sedih, karena kebanggan yang selama ini mereka banggakan sebelumnya berhenti begitu saja tanpa alasan yang jelas.
Saya, sebagai Uhang Asli Kincai ( kerinci ) sangat berharap kepada bpk. H.Murasman,MM yang terpilih menjadi Bupati Kerinci, berharap agar bisa melanjutkan Festival akbar tersebut. Apabila festival tersebut tidak di laksanakan pada tahun 1999, mungkin orang tidak akan mengenal tentang Seni dan Budaya Kerinci.
( oln,bk )



Tidak ada komentar: